Kiat Berjualan Online

Kiat Berjualan Online

Teknologi membantu memudahkan manusia dalam mengatasi beberapa permasalahan hidup di dunia, internet salah satu teknologi yang berkembang begitu pesat dan sangat membantu manusia dalam mengakses segala informasi dengan cepat. Karena kemudahan tersebut pengguna internet Indonesia pada tahun2016 mencapai 132,7 juta user atau sekitar 51,5% dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 256,2 juta.

Pengguna internet Indonesia menduduki peringkat ke lima dunia, diatasnya ada China, India, Amerika dan Brazil. Pengguna Facebook mencapai 71,6 juta atau sebanyak 54%, disusul pengguna Istagram sebanyak 19,9 juta atau 15%, Youtube 14,5 juta atau 11% dan Twitter sebanyak 7,2 juta atau 5,5%. Informasi ini bersumber dari hasil survei Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016 oleh APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ).

Masih berdasarkan survei tersebut, pengguna terbanyak ada di pulau Jawa dengan total pengguna 86.339.350 user atau sekitar 65% dari total pengguna internet Indonesia. Fakta ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pengusaha atau pemilik website toko online.

Sebagai informasi bagi para pengusaha online, berdasarkan konten yang paling sering dikunjungi pengguna internet adalah website toko online sebanyak 82,2 juta atau 62%, Facebook menjadi konten social media yang paling banyak dikunjungi yaitu sebanyak 71,6 juta atau 54% pengguna, kemudian disusul Istagram sebanyak 19,9 juta atau 15%.

Perangkat mobile (smartphone) menjadi perangkat yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet saat melakukan browsing, yaitu sebanyak 89,9 juta atau 67,8%. Sedangkan browser yang paling banyak digunakan adalah Google Chrome sejumlah 66,6%, tentu ini bisa dimaklumi karena sebagian besar smartphone menggunakan operating system Android milik Google. Data-data ini menjadi sangat penting bagi para pemilik jualan online untuk menentukan target calon konsumen.

Informasi ini sangat bermanfaat bagi para pengusaha untuk segera membidik konsumen online yang sangat potensial dengan cara membangun website toko online. Mengingat pengguna internet terbanyak dalam melakukan browsing menggunakan perangkat smartphone, maka ini menjadi perhatian penting bagi para pengusaha online agar membangun website yang mobile friendly atau responsive sehingga mudah diakses dengan perangkat smartphone.

Diperkirakan pada tahun 2018 sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet walaupun beberapa ada yang hanya sekali dalam sebulan. Menjadi keputusan yang sangat tepat jika para pengusaha segera beradaptasi dengan Internet , tidak ada kata terlambat tapi sebaiknya jangan menunda-nunda untuk membangun website bisnis online jika tidak ingin bisnis kita ditinggalkan atau diabaikan oleh klien atau pelanggan.

Sudah menjadi tabiat manusia yang juga termasuk calon konsumen, memiliki kecenderungan untuk lebih memilih sesuatu yang mudah, praktis, dan cepat. Maka sebagai pengusaha perilaku konsumen yang seperti ini harus kita perhatikan, kira-kira teknologi apa yang bisa diterapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, solusi paling tepat untuk saat ini adalah website, website mobile friendly.




Website merupakan teknologi terbaik saat ini, sebagai sarana pertukaran informasi antara pengusaha dengan konsumen secara mudah dan cepat tanpa batas jarak maupun waktu. Dengan hanya melalui computer atau smartphone yang terkoneksi dengan internet kapanpun dan dimanapun konsumen sangat mudah untuk menemukan produk yang diinginkan atau sekedar informasi bisnis maupun perusahaan secara lengkap dan akurat.

Tidak hanya informasi, bahkan transaksipun sudah mulai banyak dilakukan melalui media online dengan menggunakan teknologi website atau aplikasi mobile. Tentu ini menjadi peluang yang sangat bagus bagi para pengusaha untuk segera beralih ke bisnis online.

Dalam berbisnis online website memiliki manfaat yang sangat besar, secara umum ada 3 keuntungan website baik secara personal maupun bisnis perusahaan, yaitu :

1. Media Membangun Brand Awareness
Website yang didesain eksklusif dengan performance yang mencerminkan karakter sebuah perusahaan, sejak dari pemilihan warna, logo hingga pemilihan penggunaan kata yang disesuaikan dengan bidang usaha baik berupa produk atau jasa yang dikerjakan, akan sangat membantu dalam membangun brand awareness.

2. Media Promosi dan Transaksi Non Stop
Dulu berpromosi melalui media informasi berupa Koran, majalah, pamphlet atau terlebih lagi melalui media televisi agar produk atau jasa kita cepat diketahui orang banyak menjadi cara yang sangat mahal bahkan bisa dikatakan sulit dijangkau, itupun terbatas jarak dan waktu.

Sekarang melalui media online “website” kita bisa dengan mudah, murah dan cepat mempromosikan produk atau jasa kita untuk cepat diketahui calon konsumen diseluruh penjuru dunia, tanpa batas jarak dan waktu.

Melalui website pengusaha dan calon konsumen bisa melakukan transaksi kapanpun, siang atau malam. Bahkan website yang dikelola dengan baik, website mobile friendly, website SEO friendly akan mampu mendatangkan konsumen lebih banyak.

3. Menjadi Virtual Asset Bisnis
Website menjadikan bisnis lebih bernilai, lebih berharga. Memiliki satu website adalah bagian dari asset bisnis kita, semakin banyak website tentu akan semakin bernilai dan semakin mempermudah bisnis kita untuk maju. Website penyedia informasi yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau, website sangat membantu meningkatkan reputasi perusahaan dihadapan konsumen atau calon konsumen.


Semoga bermanfaat untuk menjadikan bisnis lebih maju dan meraih sukses.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2 Cara Memulai Bisnis Online

7 Peluang Keberuntungan Dengan Bisnis Online Melalui Media Website