2 Cara Memulai Bisnis Online

2 Cara Memulai Bisnis Online
Banyak yang ingin memulai bisnis online,namun umumnya mereka selalu bertanya cara memulai bisnis online itu gimana? Usaha online adalah usaha yang sangat prospektif kedepannya dan fakta membuktikan banyak perusahan besar yang dulunya offline,sekarang sudah secara agresif mengembangkan usahnya melalui online. Sebut saja salah satunya adalah Grup usaha Matahari.

Kembali lagi cara memulai bisnis online. Hal yang pertama untuk memulai bisnis online adalah:

1. Tentukan apa yang mau Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani suatu usaha bisnis online, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu. Kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,cari produk yang bisa menjadi solusi suatu problem. Carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.

Anda adalah problem solver, Anda adalah pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.

Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Untuk itu saya sarankan lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya. Sehingga kita bisa ikut semangat dalam menjalani kegiatan jualan online ini.

Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk kita yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku. *pengalaman pribadi* :)

Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital,seperti contoh dibawah ini:

  1. Contoh barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  2. Contoh barang digital, bisa berupa ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  3. Contoh jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.

Dalam memulai bisnis online Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.

Nah, berdasarkan pengalaman saya juga, langkah pertama ini adalah yang terberat.

Mengapa?

Karena kita harus menyusun konsep usaha, mencari ide, mencari supplier, dan bahkan mau nggak mau juga harus belajar ilmu bisnis.

Biasanya hambatan yang muncul pada fase ini adalah, kadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna. Dan bsia ditebak, akhirnya malah nggak jalan-jalan.

Kalau saya boleh memberi masukan, untuk tahap awal ini Anda tidak usah terlalu detil dulu. Anda harus rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin uang, UNTUK BELAJAR.

Mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor (affiliate marketing).

Contohnya: jadi agen asuransi, agen perumahan & properti, agen travel, jual baju / produk fashion dengan konsep konsinyasi, jual ebook orang lain, jual aplikasi software suatu vendor, dll. Banyak banget contoh produk orang lain yang bisa dijual dulu untuk memulai bisnis online.

Sehingga pada tahap awal ini Anda tidak dibebani dengan biaya produksi yang besar dan kerugian pun bisa minimal.

Langkah keduauntuk memulai bisnis online adalah:

Tahapan selanjutnya adalah membuat media untuk promosi online.

Ini adalah tempat kita jualan online atau berpromosi di internet.

Untuk tahapan ini kita bisa memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace.

Contohnya bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, BBM, LINE, Bukalapak, Tokopedia, dan OLX.

Mengapa? Karena itu gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus membuat sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.

Dan ketika Anda ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website/blog sendiri.

Nantinya, website/weblog ini akan kita jadikan sebagai pusat media promosi online atau workshop RESMI Anda di dunia maya.

Dan enaknya lagi, kalau kita sudah memiliki website, ini bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Jadi kalau kita pasang status di social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita. Hehe, betul??

Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantab ketika hendak bertransaksi dengan kita.

Dalam proses pembuatan website, Anda tidak perlu khawatir bakal memerlukan biaya besar dan ribet. Saat ini banyak sekali pemula bisnis online yang sudah memanfaatkan web yang murah,terjangkau dan pengelolaannya mudah. Penggunaan cms wordpress sangat banyak digunakan orang untuk membuat website yang profesional. 

Anda bisa membuat web sendiri bila tidak ingin mengeluarkan biaya pembuatan web. Banyak tutorial membuat web yang sudah tersedia di google. Namun bila Anda ingin lebih hemat,sebenarnya membuat web dengan mengggunakan jasa desain web akan lebih efektif, hubungi saja salah satu pembuat web yang murah dan hasil buatan websitenya teruji SEO friendly,call saja 08170133458 atau kunjungi situs resminya antara lain www.studioweb.co.id atau www.darmanto.com

Semoga 2 cara memulai bisnis online yang sudah Kami sampaikan bisa membuat rencana Anda dalam memulai bisnis online segera terwujud.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Peluang Keberuntungan Dengan Bisnis Online Melalui Media Website